TEKS EKSPOSISI
PENYEBAB UTAMA BENCANA ALAM ADALAH MANUSIA
Oleh : Rahadian N Mahendra (27)

Image result for banjir garut













 Keadaan alam saat ini sudah tidak seimbang lagi. Hal ini mengancam kehidupan manusia. Sebab, kondisi alam yang tidak seimbang meningkatkan resiko terjadinya bencana alam. Contohnya bencana banjir, longsor, kebakaran hutan, polusi, punahnya flora dan fauna, dan lain-lain. Jika bencana tersebut terjadi secara  terus-menerus, masyarakat pasti mengeluh kepada pemerintah yang dianggap tidak mampu menangani masalah tersebut. Pada kenyataannya, bencana-bencana itu terjadi akibat ulah mereka sendiri.
            
Menurut beberapa ahli, kondisi alam akan semakin buruk dari waktu ke waktu akibat ulah manusia. Hal tersebut dibuktikan oleh pencemaran lingkungan yang semakin parah dan punahnya beberapa jenis flora dan fauna. Peristiwa itu terjadi karena aktivitas masyarakat yang tidak memerhatikan keseimbangan alam. Mereka hanya memikirkan keuntungan pribadinya saja.
          
Setiap tahun bencana banjir terjadi di seluruh penjuru Indonesia. Pada tahun 2015 tercatat 59% fasilitas rusak akibat banjir. Banjir tersebut disebabkan oleh air sungai yang meluap akibat tidak mampu menampung derasnya air. Hal tersebut terjadi karena sungai tersumbat oleh sampah yang dibuang masyarakat. Awalnya sampah-sampah itu hanya sedikit, namun lama-kelamaan sampah-sampah itu menumpuk sehingga menyumbat aliran sungai. Hal ini membuktikan bahwa kerusakan alam disebabkan oleh perilaku manusia.
          
Ada banyak hal yang membuktikan bahwa manusialah yang menjadi penyebab utama kerusakan alam. Selain  banjir, kebakaran hutan yang terjadi setiap tahun disebabkan oleh ulah manusia. Setiap tahun perusahaan-perusahaan melakukan pembukaan lahan untuk kepentingan mereka sendiri tanpa memikirkan dampaknya. Bencana selanjutnya yaitu polusi di setiap tempat. Di kota-kota besar seperti Jakarta, polusi sudah tidak aneh lagi karena volume kendaraan dan pabrik-pabrik sangat banyak. Masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Akibatnya, jumlah kendaraan dari tahun ke tahun akan semakin bertambah. Jika kendaraan bertambah maka polusi juga akan bertambah. Selain itu, ketersediaan bahan bakar pun akan menurun. Mereka tidak sadar bahwa perilaku yang mereka lakukan itu mengancam kehidupan mereka.
          
Ratusan tumbuhan dan hewan Indonesia yang langka terancam punah. Menurut catatan IUCN Redlist, sebanyak 76 spesies hewan Indonesia dan 127 tumbuhan berada dalam status keterancaman tertinggi yaitu status Critically Endangered (kritis). Banyak hewan atau tumbuhan langka diburu manusia untuk dikoleksi. Hal ini memperkuat bahwa manusia menjadi penyebab utama kerusakan alam.
          
Dengan demikian, sudah seharusnya kita sebagai manusia sadar dengan apa yang telah kita lakukan. Kita harus menjaga bumi yang hanya satu ini dari kerusakan alam. Karena alam dan lingkungan hidup menjadi tempat tinggal manusia. Selain itu, kondisi lingkungan akan berpengaruh langsung terhadap kondisi manusia.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia