Penyebab Utama Kemacetan dan Upaya Pencegahannya

Penyebab Utama Kemacetan dan Upaya Pencegahannya

Oleh: Bilal A Maldhani
X MIPA 2

Pada dasarnya, kemacetan terjadi karena banyaknya kendaraan pribadi yang semakin merajalela. Manusia cenderung berpikir bahwa kemudahan kendaraan pribadi menjadi pilihan para pengguna jalan untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada kendaraan umum. Terutama di kota-kota besar, kendaraan pribadi kerap dipamer-pamerkan yang bertujuan untuk kesenangan belaka yang sebenarnya kurang bermanfaat, sehingga sering terjadinya kesenjangan sosial antara masyarakat menengah ke atas dengan masyarakat menengah ke bawah. Hal tersebut menjadi masalah masyarakat Indonesia saat ini. Dari peristiwa ini muncullah pertanyaan yang menimbulkan pro dan kontra. Apakah solusi untuk mencegah kemacetan? Apakah dengan beralihnya masyarakat kepada kendaraan umum dapat mencegah kemacetan?
Banyak solusi yang seharusnya dilakukan masyarakat Indonesia sejak dulu. Salah satunya masyarakat harus dibiasakan untuk menggunakan kendaraan umum. Kendaraan umum sepert bus kota, metromini, angkot, busway, kereta, ataupun yang lainnya ternyata sangat banyak manfaatnya. Namun perlu diingat mengapa masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak sadar dan masih menggunakan kendaraan umum.
Berdaraskan kenyataannya, ada beberapa hal positif dari kendaraan pribadi. Memiliki kendaraan pribadi tentunya masyarakat tidak kesulitan untuk melakukan rute perjalanan yang diinginkan. Melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi akan terasa aman dan nyaman, karena fasilitasnya memuaskan daripada kendaraan umum, seperti adanya Air Conditioner (AC), bisa memutar musik atau video dan lain sebagainya. Dari segi waktu menggunakan kendaraan pribadi ini lebih efektif dan efesien, karena perjalanan yang bisa ditempuh dengan waktu yang singkat jika menggunakan kendaraan pribadi.
Kendaraan umum juga sebenarnya lebih baik dari kendaraan pribadi. Melihat kondisi lalu lintas jalan raya yang semakin memburuk di Indonesia, menggunakan kendaraan umum sangatlah dianjurkan. Masyarakat harus terbiasa menggunakan sarana transfortasi ini untuk mengurangi kemacetan. Masyarakat yang berpindah ke kendaraan umum akan mengurangi risiko kemacetan lalu lintas di jalan raya. Biayanya pun murah dibandingkan dengan kendaraan pribadi. Juga bisa menghindari kesenjangan sosial antara masyarat menengah ke atas dengan masyarakat menengah ke bawah.

Dengan demikian, penggunaan terhadap kendaraan pribadi akan lebih baik dikurangi, bukan berarti tidak boleh tetapi dikurangi penggunaannya, karena jika semua bersama-sama mengurangi penggunaan kendaraan pribadinya dan beralih ke kendaraan umum, maka kemacetan di jalan pun bisa teratasi dan kita yang sebagai pengguna jalan pun merasa lebih nyaman dalam melakukan perjalanan. Kendaraan umum yang disediakan pun diharapkan mampu memfasilitasi penggunanya dengan memberikan kenyamanan kepada penumpangnya, seperti kenyamanan tempat duduk, kebersihan kendaraan, pelayanan penumpang, dan juga peningkatan keamanan terhadap adanya kemungkinan kasus kriminalitas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia