Nama        : Almira Abiira Hapsary
Kelas         : X MIPA 2

Topik         : Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia
                    Banjir adalah salah satu bencana alam yang disebabkan oleh perilaku manusia. Banjir kini sudah mewabah dimana mana, dari kota-kota besar sampai daerah pedesaanpun sudah ada yang terkena banjir. Bahkan banjir sudah dianggap hal yang biasa oleh warga sekitar
                   Salah satu penyebab banjir adalah ulah manusia. Pengelolaan tata ruang yang salah menyebabkan air tidak mudah meresap dan air mengendap yang menyebabkan lambatnya air mengalir. Kerusakan tak disengaja oleh pekerja terowongan atau pipa juga dapat menyebabkan banjir.
                   Banjir menyebabkan kerugian besar, dimulai dari kerusakan fisik ( seperti kerusakan berbagai jenis struktur, termasuk jembatan, mobil, bangunan, sistem selokan bawah tanah, jalan raya, dan kanal), kerusakan sekunder ( seperti persediaan air bersih, penyakit, gagal panen, jalur transportasi hancur yang menyebabkan terhambatnya lalu lintas, dan pepohonan) , dan kerusakan tersier atau jangka panjang (seperti ekonomi, karena penurunan jumlah wisatawan menurun dan kelangkaan makanan yang mendorong kenaikan harga) .
                   Coba kita tengok kembali bencana banjir di Garut Jawa Barat. Banjir bandang terjadi akibat hujan yang turun sejak selasa (20/9) dalam intesitas tinggi dan berdurasi panjang , ditambah tingginya kerentanan tanah. Banjir bandang terjadi menjelang tengah malam, di kecamatan Tarogong Kidul terutama di daerah aliran sungai cimanuk yang meluap dan langsung menghantam pemukiman sekitar. Banyak korban yang ditemukan tewas, korban dengan luka ringan maupun berat, bahkan korban yang hilangpun banyak.
                   Dari kejadian diatas dapat disimpulkan banjir merupakan masalah lingkungan yang harus diatasi. Ada berbagai cara mengatasi dan mencegah banjir, diantaranya  :
1.       Membuat saluran air yang baik
2.       Membuang sampah pada tempatnya
3.       Membuat lubang biopori
4.       Rajin membersihkan saluran air
5.       Mendirikan bangunan atau konstruksi pencegah banjir
Namun sebelum kita melakukan berbagai cara mengatasi banjir, kita harus menanamkan dalam hati tentang kesadaran lingkungan. Jika kita sudah menanamkan kesadaran lingkungan, cara-cara mencegah dan mengatasi banjir akan mudah dilakukan.



Komentar

  1. Wynn Hotel Las Vegas - MapyRO
    Find Wynn Hotel Las 경상북도 출장마사지 Vegas (Las Vegas) location in Nevada, United States and 영천 출장마사지 10 photos of Wynn Hotel Las Vegas. 수원 출장안마 창원 출장샵 3131 Las Vegas Blvd 전라북도 출장안마 S, Las Vegas, NV 89109.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia