Pentingnya Guruan Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup


Pentingnya Guruan Tentang Pelestarian Lingkungan Hidup

Nama: Yasmin Zahrarianti Santosa
Kelas: 10 MIPA 3
Sekolah: SMA Negeri 1 Garut

            Guruan tentang lingkungan hidup di Garut tampaknya masih sangat kurang. Hal ini terlihat dari masih berserakannya sampah di trotoar dan masih banyak orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya. Sekalipun sudah banyak spanduk-spanduk yang mengatakan bahwa melestarikan lingkungan hidup itu penting, hal ini masih belum terealisasikan dengan baik.
            Menurut saya, pemerintah khususnya Dinas Lingkungan Hidup jangan hanya memasang spanduk untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan hidup. Pemerintah sebaiknya memberikan penyuluhan tentang hal tersebut dimulai dari tingkat RT, RW, dan bisa berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi lagi.
            Penyuluhan bisa dilakukan sembari melakukan gotong royong atau bersih-bersih bersama. Sehingga pada saat itu masyarakat bisa langsung tahu bagaimana merawat dan melestarikan lingkungan hidup yang hasilnya bisa dirasakan pada saat itu juga. Mungkin dengan cara ini masyarakat akan lebih cepat menyadari betapa pentingnya pelestarian lingkungan hidup.
            Lingkungan hidup harus bisa lestari bagaimanapun caranya. Selain guruan tentang pelestarian lingkungan hidup juga seharusnya masyarakat lebih sadar lagi akan pentingnya hal ini. Agar masyarakat dapat lebih berkonsentrasi dalam beraktifitas sehari-hari, juga dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan orang lain  dengan nyaman karena lingkungan yang lestari.
            Pelestarian lingkungan hidup di Garut memang masih kurang. Tetapi, bukan berarti lingkungan hidup di Garut tidak akan bisa lestari. Kita hanya harus menyadari betapa pentingnya pelestarian lingkungan hidup itu sendiri dan mencoba merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari agar tercipta lingkungan yang nyaman.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia