Deteriorasi Alam Dampak Dari Perilaku Manusia

Deteriorasi Alam Dampak Dari Perilaku Manusia
Oleh : Lidya Nazhifa K
            Bumi saat ini telah mengalami berbagai macam masalah yang menyebabkan bumi harus mengalami kerusakan alam. Kerusakan alam adalah suatu peristiwa atau kejadian terjadinya proses deteriorasi atau rusaknya dan menurunnya fungsi alam sesuai dengan sebagaimana mestinya. Sehingga memberikan dampak buruk dan kerugian serta terganggunya ekosistem makhluk hidup. Contoh kerusakan alam (deteriorasi) hilangnya sumber daya tanah, air, udara, punahnya flora dan fauna liar, dan kerusakan ekosistem.
            Berdasarkan penyebabnya, kerusakan alam dibedakan menjadi dua. Yaitu 1).yang disebabkan oleh alam dan 2).yang disebabkan oleh perilaku manusia.
1). Kerusakan alam yang disebabkan oleh alam contohnya seperti gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, erosi, abrasi, tsunami, angin tornado. Namun, presentasi terjadinya kerusakan alam yang disebabkan oleh alam lebih kecil dibandingkan dengan kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia. Bahkan, tanah longsor terjadi akibat campur tangan manusia.
2). Kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia contohnya adalah kebakaran hutan, kerusakan hutan, alih fungsi hutan, polusi. 1.Terjadinya pencemaran yaitu pencemaran udara, air, tanah, dan suara, sebagai dampak adanya kawasan industri. 2.Terjadinya tanah longsor akibat kerusakan fungsi hutan. Dan juga 3.terjadinya banjir akibat kebiasaan buruk manusia, yang sembarang membuang sampah tidak pada tempatnya, dan kerusakan daerah aliran sungai.
            Pada tahun 2005-2006 tercatat, telah terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 letusan gunung berapi, dan 13 bencana tsunami. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa di negara Indonesia, bencana baniir merupakan ancaman terbesar bagi masyarakat Indonesia dengan perhitungan 330 kali bencana banjir terjadi dalam satu tahun.
Banjir adalah sebuah peristiwa ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan. Bencana banjir mungkin memang disebabkan karena faktor alam seperti curah hujan yang tinggi dan mengalir ke dataran rendah sedangkan kita sebagai manusia tidak bisa mengendalikan kemana tujuan air akan mengalir. Namun, disamping hal itu perilaku manusia lebih berdampak besar terhadap terjadinya bencana banjir. Pertama, kebiasaan buruk manusia ialah tidak membuang sampah pada tempatnya. Manusia sudah terbiasa membuangnya sembarangan tanpa memikirkan akibatnya. Kedua, penebangan hutan secara liar. Sebagian manusia melakukan penebangan secara liar dan illegal demi keuntungan pribadi. Mereka secara tidak bertanggung jawab tidak memikirkan akibat dari tindakan yang mereka lakukan. Dampak yang terjadi bukan hanya kepada diri mereka sendiri melainkan terhadap orang banyak. Yang ketiga adalah Drainase yang sudah diubah tanpa memperhatikan tata ruang kota sehingga jika terlalu banyak air yang masuk ke drainase akan meluap dan berakibat banjir. Dan masih banyak lagi perilaku manusia yang berakibat terjadinya bencana banjir. Mungkin yang ada dalam benak kita adalah jika hanya membuang satu sampah hari ini tidak akan menimbulkan dampak yang besar. Namun,jika ditinjau kembali jika setiap satu orang membuang 1 sampah, maka dalam satu hari terdapat lebih dari 1 juta sampah dalam satu kota. Belum lagi dalam satu minggu, satu bulan, bahkan satu tahun. Sampah yang terus menerus menupuk dapat menyebabkan terganggunya saluran perairan, salah satunya adalah terhambatnya aliran air sungai karena penumpukan sampah. Maka saat curah hujan tinggi, air tidak bisa mengalir melalui sungai, ditambah keadaan hutan yang tidak lagi dapat menampung air akibat dari proses penebangan liar. Maka air akan menguap ke daratan dan merendam daratan yang kita sebut kejadian banjir.
Kerugian dari bencana banjir bukanlah hal kecil, melainkan seperti menyebarkan bibit-bibit penyakit, hilangnya harta benda, rusaknya fasilitas sarana dan prasarana umum, menyebabkan erosi dan tanah longsor, bahkan banjir dapat menrenggut korban jiwa
Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa kebiasaan buruk kita walaupun hal kecil namun dapat menyebabkan dampak yang besar. Oleh sebab itu, mari kita membiasakan diri mulai sekarang menghilangkan kebiasaan buruk kita, dan mulai melestarikan alam kita ini.


Sumber :

§  Buku paket Bahasa Indonesia kelas X tingkat SMA dan sederajat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia