PENYEBAB UTAMA KERUSAKAN ALAM ADALAH PERILAKU MANUSISA

NAMA : YAMA DEMAYANTI / 36
                                             KELAS : X MIPA 2
    SEKOLAH : SMA NEGERI 1 GARUT

            Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di Indonesia. Terutama di daerah-daerah yang memiliki hutan yang luas. Penebangan hutan secara liar dapat merugikan diri sendiri dan orang disekitarnya. Penebangan hutan secara liar juga berdampak negative pada lingkungan disekitar kita.
            Penebangan hutan secara liar itu tidak baik untuk lingkungan terutama jika penebanagan hutan secara liar dilakukan terus menerus maka hutan- hutan yang ada di Indonesia akan mengalami kegundulan. Akibat dari hutan gundul pun muncul yaitu dapat menyebabkan bencana longsor dan banjir. Jika itu terjadi maka akan merugikan diri sendiri diri sendiri, orang lain maupun lingkungan.
            Salah satu sebab penebangan hutan secara liar karena faktor ekonomi. Warga sekitar yang kurang mampu akhirnya melalukan penebangan liar yang hasilnya dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari. Tetapi bila masyarakat menebang pohon dengan seperlunya dan tanpa berlebihan maka mereka bisa memenuhi kebutuhan hidup tanpa perlu merusak lingkungan dan tumbuhan yang ada di hutan.
            Namun apabila telah terlanjur terjadi penebangan hutan secara liar yang menyebabkan hutan gundul maka marilah kita menanam kembali hutan yang gundul dengan menanam pepohonan ( reboisasi ). Tetapi setelah dilakukan reboisasi atau penanaman hutan kembali kita harus menjaganya agar hutamn tersebut tidak mengalami kegundulan atau kerusakan lagi
            Disamping sebab ada juga akibat yang ditimbulkan dari penebangan hutan secara liar antara lain bencana banjir dan longsor. Banjir bisa terjadi apabila turun hujan besar. Tetapi air tidak diserap karena tidak adanya tanaman atau pepohonan yang tumbuh di hutan tersebut. Karena air tidak diserap secara langsung oleh pepohonan maka air langsung turun ke pemukiman warga yang menyebabkan terjadinya banjir.
            Selain menyebabkan bencana bila pepohonan terus saja ditebang maka udara tidak ada yang menyaring atau tidak ada yang akan menghasilkan oksigen untuk makhluk hidup. Karena tidak ada yang meyaring udara dan menghasilkan oksigen maka udara yang ada di Indonesia tidak akan bersih dan udara pun tidak akan sejuk tetapi udara malah semakin panas.

            Jadi, kesimpulannya marilah kita menjaga kelestarian hutan maupun pepohonan yang ada disekitar kita karena dengan adanya pepohonan memberikan dampak positif yaitu udara menjadi segar dan tidak dipenuhi oleh polusi akibat dari kendaraan maupun asap pabrik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia