Kerusakan Lingkungan
Oleh:
                                                            Nama       : Raisya Syafitri
                                                            Kelas       : X-MIPA 1
                                                            Sekolah   : SMAN 1 GARUT

           Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan. Kerusakan berasal dari kata rusak yang berarti sudah tidak sempurna (baik, utuh) lagi. Jadi kerusakan lingkungan adalah penurunan fungsi alam atau tidak seimbangnya alam yang mencangkup tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna.
            Pada saat ini, kerusakan lingkungan semakin menjadi. Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan ialah perilaku buruk manusia terhadap lingkungan sekitarnya. Manusia seringkali tidak berfikir apa dampak yang ditimbulkan dari perilaku buruknya terhadap lingkungan sekitarnya dan manusia juga tidak berfikir dampak yang dapat ditimbulkan dari kerusakan lingkungan.
            Perilaku manusia secara tidak langsung telah merusak kehidupan dirinya sendiri maupun orang lain yang tidak bersalah. Sebagai contoh, perilaku manusia yang mengadakan pembalakan liar secara besar-besaran. Dapat dipahami, jika pada saat ini kebutuhan manusia dibidang papan meningkat tetapi, jika pembalakan dilakukan secara terus menerus tanpa adanya konservasi akan berakibat buruk bagi manusia. Pembalakan yang tidak disertai dengan kegiatan konservasi akan mengakibatkan hutan menjadi gundul. Beberapa masalah yang merugikan manusia dari gundulnya hutan ialah, pertama, udara menjadi gersang karena karena tumbuhan yang menjadi produsen atau pemasok oksigen berkurang. Kedua, jika terjadi hujan secara terus menerus dengan curah hujan yang tinggi di daerah pegunungan yang hutannya gundul kemungkinan besar akan terjadi longsor karena air yang meresap ke dalam tanah akan menambah bobot tanah.  Jika air tersebut menembus sampai tanah kedap air yang berperan sebagai bidang gelintir,maka tanah menjadi licin. Selanjutnya tanah yang berada di atas tanah kedap air akan bergerak mengikuti aliran air ke tempat yang lebih rendah. Hal ini terjadi karena tidak adanya akar pohon yang dapat menahan tanah supaya tidak terbawa oleh aliran air. Ketiga, terjadinya penyerangan beberapa hewan liar kepada masyarakat yang hidup di pemukiman yang berbatasan dengan hutan. Ini terjadi karena beberapa hewan liar tersebut sudah kehabisan makanan di hutan sehingga mereka mencari makanan di pemukiman warga.
           
Selain pembalakan liar, perilaku buruk manusia yang dapat merusak lingkungan ialah membuang sampah ke sungai. Dampak yang dapat ditimbulkan dari membuang sampah ke sungai ialah, pertama, akan menimbulkan bau busuk (pencemaran udara). Kedua, dapat menimbulkan penyakit seperti, demam berdarah, gangguan pernapasan, gatal-gatal dll. Ketiga, dapat menyebabkan banjir,karena yang menumpuk di sungai menghalangi aliran air sungai. Keempat, hilangnya sumber air bersih, karena air yang mengalir di sungai tersebut sudah tercemar, baik dari warna, bau dan rasa dari air tersebut.
            Dari paparan di atas, sudah dapat disimpulkan bahwa perilaku buruk manusia membawa petaka bagi dirinya sendiri dan orang lain. Karena itu sudah selayaknya kita menjaga bumi satu-satunya ini dari kerusakan lingkungan.  Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan dan menjaga kebersihan lingkungan ialah, penanaman kembali hutan yang gundul atau reboisasi, pencegahan terhadap buang sampah dan limbah di sembarang tempat, pemberian sanksi ketat terhadap pelaku pencemar lingkungan, penghentikan eksploitasi sumber daya alam secara berlebihan, dan yang paling penting ialah meningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya kelestarian tanah, air, udara dan lingkungan.

JAGALAH LINGKUNGAN MULAI DARI SEKARANG KARENA LINGKUNGAN MERUPAKAN KARUNIA TUHAN YANG BERHARGA



Sumber:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia