Pentingnya Air Bagi Kehidupan Manusia

Pentingnya Air Bagi Kehidupan Manusia
Oleh: Anjani Siti K. X MIPA 3
Air adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis. Selama siklus air masih berlangsung maka Air akan terus ada. Airpun sangatlah bermanfaat bagi kehidupan manusia. Segala aktivitas manusia takan berjalan dengan lancar bila tidak ada air.
Berbagai macam aktivitas manusia sangatlah bergantung pada air. Contohnya dalam bidang pangan manusia. Air sungai sangatlah bermanfaat bagi pengairan sawah dan ladang. Masyarakat indonesia yang cenderung masih memiliki sikap tradisional sangatlah mengandalkan lahan yaitu sawah dan ladang.
Kondisi sawah dan ladang sangatlah mempengaruhi pendapatan masyarakat yang berpropesi sebagai petani. Tanah yang subur sangatlah menguntungkan bagi masyarakat. Air adalah paktor yang dapat membuat keadaan tanah menjadi subur. Namun ada pula paktor yang dapat menghambat pengairan menjadi terganggu.
Sampah adalah salah satu penyebab terjadinya penyumbatan aliran air di sungai. Bukan hanya sampah kurangnya penyerapan pada kondisi tanah juga bisa membuat tanah menjadi buruk.
Kurangnya kesadaran dari masyarakat ini menjadi salah satu penyebab banyaknya sampah yang dibuang kesungai. Kitapun menyadarinya bahwa aktivitas manusia sangatlah bergantung kepada bahan-bahan kimia seperti pembungkus yang terbuat dari plastik yang berbahan dasar dari minyak bumi. Namun itu bukanlah alasan untuk manusia dapat membuang samapah ke sungai.

Namun hukum alam tetaplah hukum alam segala sesuatu yang telah kita perbuat pasti akan kembali lagi. Seperti halnya sempah yang kita buang kesungai akan menyumbat aliran air sehingga air akan meluap dan mengakibatkan banjir pada masyarakat.Tidak hanya itu ikan di sungaipun akan berkurang dan bahkan menghilang.

Komentar

  1. kak itu yang tesis, argumentasi sama penegasan ulangnya dibagian mana ya hehe terimakasih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia