Internet Sangat Berpengaruh Terhadap Aktivitas Pendidikan

Internet Sangat Berpengaruh Terhadap Aktivitas Pendidikan

Oleh

                Nama      :       Wulan Maharani
                Kelas      :       X MIPA 1
                Sekolah  :       SMAN 1 GARUT
 


Argumen :
            Internet sangat berpengaruh terhadap aktivitas pendidikan. Pengaruh tersebut terbagi menjadi dua macam, yaitu pengaruh positif dan pengaruh negatif. Pengaruh-pengaruh tersebut sangat berdampak kepada salah satu peran pendidikan yaitu siswa. Siswa saat ini sangat ketergantungan terhadap internet. Pasalnya, zaman sekarang internet sudah memiliki segala yang di butuhkan bagi para siswa dalam pembelajarannya. Siswa dapat mencari materi pembelajaran dari internet, belajar melalui internet dan bahkan meminta bantuan dari internet.
            Dalam pembelajarannya, biasanya siswa disuruh untuk mencari materi pembelajaran oleh gurunya. Mengapa? Karena tidak semua yang tercantum di buku dapat dipahami oleh siswa. Siswa akan lebih memahami materi pembelajaran jika siswa tersebut mengeksplor materi tersebut di internet dan mencari sumber-sumber yang akan menjadi pemahamannya dalam pembelajaran. Tidak hanya itu, siswa pun dapat mengunduh buku elektronik dari internet. Akan tetapi tidak semua buku elektronik tersedia dengan percuma. Sehingga tidak menjamin bahwa siswa dapat mendapatkan buku hanya dengan mengunduh melalui internet.
            Selain itu, ada pula aplikasi yang dapat memudahkan siswa dalam berkomunikasi, yaitu media sosial. Media sosial memberi pengaruh positif terhadap komunikasi antara siswa yang satu dengan siswa yang lainnya. Bukan hanya antara siswa saja, tetapi dengan orang lain seperti teman, orang tua, kerabat, dan lain-lain.
Dalam pemakaian internet, orang tua harus mengawasi anak-anaknya. Akan tetapi, internet sangatlah luas. Orang tua tidak dapat memantau semua aktivitas internet yang dilakukan oleh anak-anaknya. Sehingga para orang tua tidak tahu apa yang dilihat oleh anak-anaknya melalui internet. Hal tersebut memberikan dampak negatif bagi para pengguna internet terutama anak-anak. Melalui internet, anak-anak bisa saja mencari hal-hal yang tidak patut untuk dicari seperti konten pornografi. Hal itulah yang dapat menyebabkan masa depan anak-anak menjadi tak terkendali.
            Bukan itu saja, media sosial pun memiliki dampak negatif bagi masyarakat terutama siswa. Siswa saat ini telah memiliki banyak media sosial, seperti BBM, Whatsapp, Line, Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain. Alasannya pasti untuk berkomunikasi kepada orang lain. Akan tetapi, media sosial saat ini telah banyak dipersalahgunakan. Pada saat kegiatan pembelajaran, siswa bukannya fokus untuk memahami materi, akan tetapi membuka media sosial hanya untuk kesenangan pribadi. Hal tersebut menyebabkan siswa menjadi tidak memahami apa yang telah gurunya sampaikan.
            Banyak siswa yang telah mengalami kecanduan terhadap internet. Tetapi, apa itu kecanduan internet? Kecanduan internet diartikan Young (1998) sebagai sebuah sindrom yang  ditandai dengan menghabiskan sejumlah waktu yang sangat banyak dalam menggunakan internet dan tidak mampu mengontrol penggunaannya saat online. Apabila seseorang telah mengalami kecanduan terhadap internet, maka orang tersebut harus menjalani sebuah rehabilitasi sehingga orang tersebut tidak lagi kecanduan terhadap internet. Menjalani sebuah rehabilitasi bagi para pecandu internet tidaklah mudah, mereka harus membuang kebiasaannya terhadap internet itu dengan menjalani terapi-terapi tertentu. Orang-orang yang menjalani rehabilitasi tersebut bisa saja tertekan karena ia tidak bias menjalankan kebiasaannya terhadap internet. Tetapi, hanya sebagian orang saja yang memiliki tekanan seperti itu. Biasanya mereka tidak lagi menjadi pecandu internet setelah menjalani rehabilitasi. Oleh karena itu, kurangi lah penggunan internet dalam jangka waktu yang panjang dan tidak lupa untuk mengontrol diri dalam penggunaan internet sehingga tidak menjadi pecandu internet.

Sumber : -



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia