Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Oleh: Fanisa Noer Fadilah X-MIPA 4

Kerusakan alam penyebab besarnya adalah perilaku manusia. Kerusakan alam di Kabupaten Garut salah satunya adalah pencemaran air.Pencemaran air ini disebabkan oleh limbah pabrik. Limbah pabrik yang dibuang sembarangan menyebabkan aliran sungai mengalami pencemaran. Pencemaran air itu menyebabkan sungai menjadi keruh karna terkontaminasi zat-zat yang ada di limbah dan menyebabkan pencemaran udara karena baunya.
Tidak hanya pencemaran air saja yang terjadi di Kabupaten Garut,tetapi di Kabupaten pernah terjadi peristiwa banjir bandang yang terjadi beberapa bulan yang lalu pada tahun 2017 ini, sebab dari bencana ini tidak hanya oleh alam saja tetapi akibat hulu air yang ada di Papandayan kurang pepohonan yang mungkin menjadi tandus akibat ulah manusia yang terus menebang pohon tersebut, sehingga langsung saja tidak tertampung disana, akhirnya terjadi sebuah banjir bandang yang begitu dahsyat di Kabupaten Garut.
Contoh penyebab pencemaran air disekitar kita yaitu limbah pabrik yang berada di Sukaregang,Garut. Limbah yang dibuang tidak disaring terlebih dahulu sehingga langsung terbuang pada saluran air.
Solusi dari permasalahan ini seharusnya pemerintah Kabupaten Garut meninjau tentang pencemaran ini, dan seharusnya di Kabupaten Garut diadakan program bebas pencemaran, baik itu pencemaran air,udara, dan pencemaran lainnya yang bias merusak keindahan dan kenyamanan Kabupaten Garut yaitu salah satunya dengan membuat saluran khusus limbah dan penyaringannya ataupun dengan menanam pohon-pohon sehingga udara tidak akan terlalu menyengat karena akibat pencemaran dari air itu. Dan ditanami pohon pohon agar tidak terjadi banjir sehingga ada lahan penyerapan untuk air, warga Gaut juga harus menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyumbat saluran air


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia