Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia
Oleh: Abdurahman Fauzi
Kelas : X MIPA 3
Sekolah : SMAN 1 GARUT

Seiring waktu berjalan, kerusakan alam di Indonesia semakin bertambah. Misalnya pada tahun 2016 kerusakan dan penebangan hutan meningkat, kerusakan hutan ini terjadi dibeberapa titik wilayah di Indonesia. Kerusakan hutan terparah terjadi di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Riau. Faktor utama penyebab kerusakan yaitu perilaku negatif manusia seperti pembakaran hutan untuk pembukaan lahan baru.
Faktor lain yang dapat menyebabkan kerusakan alam, yaitu perilaku manusia yang dengan sengaja membuang limbah sembarangan ke sungai. Hal ini dapat menyebabkan semua makhluk hidup yang ada di sungai mati dan dapat membuat airnya tercemar sehingga tidak bisa dipakai untuk kepentingan masyarakat, misalnya mencuci,mandi.
Selain itu, perilaku manusia juga dapat  menyebabkan polusi udara. Meningkatnya kebutuhan kendaraan bermotor membuat udara semakin kotor. Asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor mengandung udara kotor sehingga menyebabkan polusi yang berbahaya bagi kesehatan dan juga asap tersebut dapat membuat lapisan ozon menjadi tipis. Selain asap kendaraan bermotor, asap rokok dan parfum juga bisa menyebabkan polusi.
Hal terakhir yang dapat menyebabkan kerusakan alam adalah kebiasaan buruk manusia yaitu membuang sampah sembarangan. Membuang sampah sembarangan sudah tidak terlepaskan dari masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, kita harus memiliki kesadaran sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan, karena kebanyakan orang tau akibat dari membuang sampah sembarangan, tetapi mereka tidak mempedulikannya.

Dari 4 perilaku tersebut, perilaku manusia menjadi penyebab utama kerusakan alam. Seharusnya pemerintah bertindak agar kerusakan alam semakin berkurang, karena jika kita memperlakukan alam dengan buruk begitupun perilaku alam kepada kita, buktinya banyak terjadi bencana alam. Hal ini berawal dari perilaku manusia yang buruk, mulai dari sekarang mari kita cintai alam maka alam akan mencintai kita.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia