Penyebab Utama Kerusakan Alam adalah Perilaku Manusia

Penyebab Utama Kerusakan Alam adalah Perilaku Manusia
Oleh : Mira Rachmawati Syabila
Kelas : X- MIPA 1
SMAN 1 GARUT

            Penyebab utama kerusakan alam adalah perilaku manusia. Pada zaman sekarang, manusia sudah tidak memperhatikan lagi kelestarian lingkungan dan kerusakan-kerusakan yang sedang terjadi pada saat ini. Kerusakan-kerusakan alam kebanyakan dilakukan oleh tingkah laku dan kebiasaan buruk manusia sehingga memberi dampak buruk terhadap kelestarian alam. Contoh dampak buruk yang timbul akibat tingkah laku manusia adalah bencana alam, pencemaran, kerusakan lingkungan dan masih banyak lagi.
            Pencemaran adalah salah satu dampak negatif dari perilaku manusia. Saat ini pencemaran sudah terjadi dimana-mana dan di berbagai wilayah terutama wilayah perkotaan yang penduduk nya padat. Contoh nya di ibu kota negara Indonesia yaitu Jakarta. Di Jakarta pencemaran sudah banyak terjadi seperti pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah. Pencemaran udara seperti polusi asap kendaraan dan asap pabrik. Pencemaran tanah seperti tanah yang sudah dilapisi aspal sehingga tanah tersebut tidak bisa meresap air. Pencemaran air contohnya seperti limbah indrustri yang di buang sembarangan ke sungai sehingga menyebabkan air sungai keruh, kotor, dan berbau.
            Selain pencemaran, dampak negatif dari perilaku manusia yaitu bencana alam. Contoh nya seperti banjir yang disebabkan oleh kebiasaan manusia membuang sampah ke sungai yang menyebabkan aliran sungai tersumbat sehingga menyebakan banjir, longsor yang di sebabkan oleh manusia yaitu melakukan penebangan liar dan tidak melakukan reboisasi terhadap hutan yang gundul sehingga pada saat hujan tanah mudah untuk jatuh ke bawah dan terjadilah bencana tanah longsor , kemudian ada bencana kebakaran hutan yang di sebabkan oleh keteledoran manusia seperti membuang puntung rokok yang masih menyala, tidak mematikan api unggun setelah berkemah, ataupun ada yang sengaja untuk membakar hutan.
Walaupun tidak semua bencana yang terjadi di bumi ini di sebabkan oleh perilaku atau kesalahan manusia tetapi sebagian besar bencana alam yang sudah terjadi di akibatkan oleh ulah manusia yang tidak menjaga kelestarian alam. Maka dari itu untuk mengurangi dampak buruk yang sudah terjadi kita harus memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan kerusakan alam dan berusaha menanggulangi dan memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi agar tidak terjadi lagi dan tidak semakin parah.

            

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia