Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia
Oleh: Auliya Fasy
Dari tahun ke tahun, kerusakan alam di Indonesia semakin bertambah dan sangat memprihatinkan. Salah satunya adalah kerusakan hutan. Kerusakan hutan terjadi di beberapa titik wilayah Indonesia seperti di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Kepulauan Riau. Faktor penyebab utama kerusakan hutan di Indonesia adalah ulah tangan manusia. Ada 4 perilaku negatif yang sering saja di lakukan dan selalu terulang lagi, walaupun itu tidak baik tetapi sudah menjadi kebiasaan.

Pertama, pembakaran hutan untuk membuka lahan baru. Biasa di lakukan oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab untuk membangun pabrik mereka.

Kedua, penebangan hutan secara sembarangan. Inilah yang sering terjadi karena penebangan hutan ini di lakukan untuk kebutuhan manusia yang terus menerus. Tetapi seiring berjalannya waktu lama kelamaan hutan itu habis dan menjadi panas dan gersang karena tidak ada pohon untuk resapan air.

Ketiga, pembuangan limbah sembarangan. Seringkali perusahaan membuang limbah pabrik ke sepanjang aliran sungai tanpa memperhatikan pencemaran pada air. Akhirnya air menjadi tercemar.
           
Keempat, membuang sampah sembarangan. Ini sudah menjadi kebiasaan buruk dari masyarakat Indonesia yang sudah tidak bisa di lepaskan.

Dari 4 perilaku negatif manusia yang sering saja di lakukan dapat merusak keseimbangan alami hutan. Kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia tidak lepas dari perilaku ulah tangan manusia sendiri. Seharusnya di negara kita ini pemerintah ada ketegasan dalam bertindak pelaku pencemaran hutan dan di perlakukannya kesadaran diri sendiri untuk menjaga kelestarian hutan. Seperti contohnya melakukan reboisasi, melakukan 4R (Reduce, Reuse, Recycle, Repair), menerapkan sistem tebang pilih, dll. Jika tidak di lakukan maka kerusakan alam di Indonesia akan kian memburuk dan akan terus terjadi.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia