DAMPAK NEGATIF ROKOK BAGI KESEHATAN MANUSIA DAN INDONESIA

DAMPAK NEGATIF ROKOK BAGI KESEHATAN MANUSIA DAN INDONESIA

OLEH
ARIVANIA SHAFA NURSABILA
X MIPA – 1


Sampai saat ini tingkat pengguna rokok di Indonesia masih sangat tinggi. Bahkan, berdasarkan riset Atlas Tobbaco, Indonesia menduduki ranking 1 dengan jumlah perokok tertinggi di dunia, kemudian disusul oleh Rusia, China, Filiphina, dan Vietnam. Sebanyak dua dari tiga laki-laki di Indonesia adalah perokok.
Tingginya jumlah perokok di Indonesia tidak lain dan tidak bukan adalah karena kurangnya kesadaran dan pengetahuan masyarakat akan bahayanya dampak negatif yang akan timbul apabila merokok.
Kurangnya pemahaman mengenai rokok akan membuat seseorang tertarik untuk mencoba merokok. Umumnya hal seperti ini dimulai saa memasuki usia remaja. Saat memasuki usia remaja, seseorang akan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan ingin mencoba hal-ha baru. Apalagi jika seorang remaja tersebut melihat orang terdekatnya seperti ayah, teman, atau lainnya yang merupakan perokok. Maka potensi remaja tersebut untuk menirunya akan sangat besar, karena menganggao bahwa merokok merupakan hal yang lumrah.
Fakta yang menguatkan argumen terkait perokok di kalangan remaja ini adalah dari dosen marketing The Business School Edinburg Napier University, London, Natalia C. Tjandra menyatakan hampir 40 % perokok aktif di Indonesia berasal dari kalangan remaja laki-laki.
Zat-zat adiktif yang ada pada rokok dapat menyebabkan kecanduan bagi para remaja yang mencobanya untuk pertama kali. Hal inilah yang menyebabkan terus naiknya intensitas perokok di Indonesia. Meski konsumsi rokok secara jelas berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat, namun konsumsi rokok di Indonesia terus naik, bahkan mencapai angka 36,3 %.
Zat-zat yang terdapat dalam rokok bukan hanya bersifat adiktif atau menyebabkan kecanduan, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan tubuh para penggunanya. Bukan hanya bagi perokok aktif, tetapi juga bagi perokok pasif. Bahkan menurut beberapa informasi mengatakan bahwa dampak negatif yang diterima para perokok aktif adalah sama besarnya dengan para perokok pasif. Hal ini berarti merokok bukan hanya dapat merugikan diri sendiri, tetapi juga orang lain di sekitarnya.
Dengan adanya kondisi tersebut, kita sebagai generasi penerus bangsa haruslah berusaha untuk melindungi bangsanya dari hal-hal yang bersifat negatif, seperti bahaya rokok yang mengintai kita dalam kehidupan sehari-hari. Seiring dengan berjalannya waktu kita harus mampu mencetak generasi penerus yang berkualitas dan terhindar dari pengaruh hal-hal negatif.oleh karena itu, hal ini merupakan kewajiban kita sebagai warga negara bangsa Indonesia yang cinta dan bangga akan tanah air dan bangsanya.



DAFTAR PUSTAKA

http://m.republika.co.id/amp_version/o7og1u282

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia