MATA KULIYAH BERBICARA


 keterampilan berbicara dan pembelajarannya 
1. pengertian dan tujuan berbicara 
2. ragam berbicara 
3. teknik dan penilaian berbicara 
4. efektivitas berbicara 
1. pengertian berbicara : keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan. 
tujuan berbicara : untuk berkomunikasi, antara lain : menghibur, menginformasikan, menstimulasi, menggerakkan. 
2. ragam berbicara : pidato, ceramah, wawancara, dialog, mereportase berita, diskusi, memperkenalkan diri, dsb. 
3. teknik berbicara 
ada sejumlah metode dan teknik berbicara, antara lain: 
a. memerikan, 
b. menjawab pertanyaan, 
c. bertanya, 
d. melanjutkan cerita, 
e. menceritakan kembali, 
f. percakapan, 
g. parafrase, 
h. bermain peran, 
i. wawancara, 
j. bercerita. 
penilaian berbicara sekurang-kurangnya ada 6 hal yang harus diperhatikan, antara lain: lafal, struktur, kosakata, kefasihan, isi pembicaraan, pemahaman. 
4. efektivitas berbicara: untuk menjadi pembicara yang baik harus menguasai masalah yang sedang dibicarakan, berbicara dengan tepat dan jelas. beberapa faktor untuk keefektivan berbicara adalah faktor kebahasaan dan non kebahasaan. 
5. ciri-ciri pembicara ideal: 
§ dapat memilih topik yang tepat 
§ menguasai materi pembicaraan 
§ memahami latar belakang pendengar 
§ mengetahui situasi 
§ tujuan jelas 
§ kontak dengan pendengar 
§ mempunyai kemampuan linguistik yang tinggi 
§ menguasai pendengar 
§ memanfaatkan alat bantu 
§ penampilannya meyakinkan 
§ berencana 
6. hambatan dalam kegiatan berbicara : 
§ hambatan internal : 
1) ketidak sempurnaan alat ucap 
2) penguasaan komponen kebahasaan: 
a. lafal dan intonasi, 
b. pilihan kata (diksi), 
c. struktur bahasa, 
d. gaya bahasa. 
3) penggunaan komponen isi : 
a. hubungan isi dengan topik, 
b. struktur isi, 
c. kualitas isi, 
d. kuantitas isi 
4) kelelahan dan kesehatan fisik maupun mental. 
§ hambatan eksternal : 
1) suara atau bunyi 
2) kondisi ruangan 
3) media 
4) pengetahuan pendengar 
7. sikap mental dalam berbicara : 
§ rasa komunikasi 
§ rasa percaya diri 
§ rasa kepemimpinan 
8. pembelajaran berbicara 
kriteria yang harus dipenuhi oleh metode pembelajaran berbicara, antara lain: 
a. relevan dengan tujuan, 
b. memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, 
c. mengembangkan butir-butir keterampilan proses, 
d. dapat mewujudkan pengalaman proses pembelajaran yang telah dirancang, 
e. merangsang siswa untuk belajar, 
f. mengembangkan penampilan siswa, 
g. mengembangkan keterampilan siswa, 
h. tidak menuntut peralatan yang rumit, 
i. mudah dilaksanakan, dan 
j. menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. 
adapun syarat minimal yang harus dipenuhi guru berbicara adalah: 
1) penguasaan materi, 
2) cara mengajarkan berbicara, 
3) mempunyai pengalaman dengan berbagai metode atau teknik pembelajaran, 
4) mahir berbicara. 
 keterampilan berbicara dan pembelajarannya 
1. pengertian dan tujuan berbicara 
2. ragam berbicara 
3. teknik dan penilaian berbicara 
4. efektivitas berbicara 
1. pengertian berbicara : keterampilan menyampaikan pesan melalui bahasa lisan. 
tujuan berbicara : untuk berkomunikasi, antara lain : menghibur, menginformasikan, menstimulasi, menggerakkan. 
2. ragam berbicara : pidato, ceramah, wawancara, dialog, mereportase berita, diskusi, memperkenalkan diri, dsb. 
3. teknik berbicara 
ada sejumlah metode dan teknik berbicara, antara lain: 
a. memerikan, 
b. menjawab pertanyaan, 
c. bertanya, 
d. melanjutkan cerita, 
e. menceritakan kembali, 
f. percakapan, 
g. parafrase, 
h. bermain peran, 
i. wawancara, 
j. bercerita. 
penilaian berbicara sekurang-kurangnya ada 6 hal yang harus diperhatikan, antara lain: lafal, struktur, kosakata, kefasihan, isi pembicaraan, pemahaman. 
4. efektivitas berbicara: untuk menjadi pembicara yang baik harus menguasai masalah yang sedang dibicarakan, berbicara dengan tepat dan jelas. beberapa faktor untuk keefektivan berbicara adalah faktor kebahasaan dan non kebahasaan. 
5. ciri-ciri pembicara ideal: 
§ dapat memilih topik yang tepat 
§ menguasai materi pembicaraan 
§ memahami latar belakang pendengar 
§ mengetahui situasi 
§ tujuan jelas 
§ kontak dengan pendengar 
§ mempunyai kemampuan linguistik yang tinggi 
§ menguasai pendengar 
§ memanfaatkan alat bantu 
§ penampilannya meyakinkan 
§ berencana 
6. hambatan dalam kegiatan berbicara : 
§ hambatan internal : 
1) ketidak sempurnaan alat ucap 
2) penguasaan komponen kebahasaan: 
a. lafal dan intonasi, 
b. pilihan kata (diksi), 
c. struktur bahasa, 
d. gaya bahasa. 
3) penggunaan komponen isi : 
a. hubungan isi dengan topik, 
b. struktur isi, 
c. kualitas isi, 
d. kuantitas isi 
4) kelelahan dan kesehatan fisik maupun mental. 
§ hambatan eksternal : 
1) suara atau bunyi 
2) kondisi ruangan 
3) media 
4) pengetahuan pendengar 
7. sikap mental dalam berbicara : 
§ rasa komunikasi 
§ rasa percaya diri 
§ rasa kepemimpinan 
8. pembelajaran berbicara 
kriteria yang harus dipenuhi oleh metode pembelajaran berbicara, antara lain: 
a. relevan dengan tujuan, 
b. memudahkan siswa memahami materi pembelajaran, 
c. mengembangkan butir-butir keterampilan proses, 
d. dapat mewujudkan pengalaman proses pembelajaran yang telah dirancang, 
e. merangsang siswa untuk belajar, 
f. mengembangkan penampilan siswa, 
g. mengembangkan keterampilan siswa, 
h. tidak menuntut peralatan yang rumit, 
i. mudah dilaksanakan, dan 
j. menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan. 
adapun syarat minimal yang harus dipenuhi guru berbicara adalah: 
1) penguasaan materi, 
2) cara mengajarkan berbicara, 
3) mempunyai pengalaman dengan berbagai metode atau teknik pembelajaran, 
4) mahir berbicara. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia

Sampah Yang Dibuang Ke Sungai Akan Menyumbat Aliran Air Sungai