Nama  : Salma Nurillah
Kelas   : X – MIPA 1
Kelas   : SMAN 1 GARUT

Topik :  Pentingnya pendidikan tentang pelestarian lingkungan hidup
                Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya yang mempengaruhi kelangsungan berkehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain, menurut undang- undang no 23 tahun 1997 mengenai pelestarian lingkungan.
            Pada dasarnya undang- undang tersebut menjelaskan bahwa manusia adalah sebagai pemeran utama dalam mempengaruhi kelangsungan hidup di bumi ini, karena pilihan pada saat ini  yaitu manusia yang akan melestarikan  lingkungan  ini ataukah manusia yang akan merusak lingkungan ini. Bahkan pada saat ini manusia banyak menimbulkan masalah terhadap lingkungan dan sebagai dampaknya timbulnya bencana alam.
            Masalah yang kerap terjadi kian waktu ini adalah masalah bencana alam seperti banjir dan longsor yang timbul akibat perilaku manusia yang kurang memperhatikan dan menjaga lingkungan sekitar. Hal ini tentu membuat kita harus berpikir bagaimana membangun kesadaran akan pentingnya alam ini dan paham cara untuk melestarikannya.
            Dengan adanya pendidikan lingkungan hidup untuk mengatasi permasalahan yang terjadi ini akan membangun  populasi manusia yang peduli terhadap lingkungan secara keseluruhan. Pendidikan ini harus ditanamkan sejak dini dan pada saat mereka dewasa maka akan paham bahwa lingkungan itu sangat penting dan harus dijaja keasrianya. Begitupun ketika masyarakatyang ada di suatu negara telah displin dalam menjaga lingkungan , selanjutnya tugas  pemerintah untuk mensosialisasikan atau bekerjasama dengan warga masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan ini. Maka akan tercipta suatu kenyamanan dalam berkehidupan.
            Selain itu, pada dasarnya dengan pendidikanlah akan mengubah mental masyarakat untuk berpikir pentingnya alam ini bagi semua makhluk hidup. Mereka pun akan sadar mengenai akibat atau dampaknya yang nanti akan terjadi jika mereka melukan sesuatu yang tidak baik bagi lingkungan akan dapat merusaknya.
            Masyarakat yang berpendidikan pasti memiliki pengetahuan,keterampilan sikap dan tingkah laku baik, motivasi, serta  komitmen untuk bekerjasama baik secara individu maupun kolektif untuk memecahkan masalah lingkungan saat ini dan mencegah timbulnya masalah baru yang akan terjadi pada lingkungan.
            Oleh karena itu, agar masalah atau bencana alam yang terjadi akibat ulah manusia tidak terus menerus terulang, setidaknya sedikit demi sedikit.  Maka kita tanamkan sikap kita untuk menjaga kelestarian ini, selalu terlebih dahulu memikirkan akibat yang nantinya akan terjadi sebelum melakukan sesuatu dan ingatlah bahwa pendidikan lingkugan itu penting sebagai dasar dalam diri kita untul lingkugan ini dan akan bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang baik dan bersih.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia