Nama          : Asti Fatimah Azzahra
Kela             : X MIPA 3
Sekolah      : SMA Negeri 1 Garut
Topik          : Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia
     
  Alam merupakan media yang sangat penting bagi setiap manusia untuk melakukan segala interaksi di dunia ini, maka dari itu kita harus menjaga alam ini.  Akan tetapi, saat ini banyak sekali kerusakan - kerusakan alam. Kerusakan alam itu merupakan suatu hal yang memberikan dampak buruk atau kerugian bagi kehidupan manusia dan tentunya harus kita hindari.
      Manusia dapat dikatakan sebagai makhluk hidup yang sangat bergantung pada alam dalam proses kehidupannya. Akan tetapi, manusia itu sendiri sering berperilaku tidak memperdulikan alam dan tidak menjaga lingkungannya sehingga terjadilah kerusakan alam. Kerusakan alam di Indonesia saat ini dari tahun ke tahun terus saja bertambah. Manusia pun menjadi salah satu faktor utama dalam terjadinya kerusakan alam tersebut.
      Manusia melakukan kegiatan - kegiatan yang merusak alam untuk kepentingan pribadinya tanpa memperdulikan dampak yang akan terjadi akibat kerusakan alam itu. Contoh kerusakan alam di Indonesia saat ini adalah kerusakan hutan. Perilaku manusia yang menyebabkan rusaknya hutan antara lain pembakaran dan penebangan hutan secara liar.
      Pembakaran dan penebangan hutan secara liar itu menjadikan hutan beralih fungsi. Sekarang ini hutan banyak dibakar dan ditebang untuk dijadikan lahan baru yang biasanya dulakukan oleh perusahaan yang tidak bertanggung jawab untuk membangun pabrik mereka. Akibat perilaku tersebut hutan akan terus berkurang bahkan habis dan menjadi panas dan gersang karena tidak ada pohon untuk resapan air.
      Dua contoh di atas merupakan sebagian dari perilaku manusia yang merusak lingkungan, masih banyak lagi perilaku manusia yang menjadikan alam ini rusak. Contohnya, membuang limbah pabrik sembarangan dan membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan lingkungan tercemar dan terjadinya berbagai macam polusi.

      Bukankah lebih baik jika kita mencegah kerusakan - kerusakan alam itu? Untuk itu, marilah kita hindari kegiatan - kegiatan yang dapat menyebabkan alam kita ini rusak. Marilah kita menjaga alam ini dengan kegiatan - kegiatan positif yang menjadikan lingkungan dan alam kita ini lebih baik lagi agar kita dapat menjalani kehidupan di dunia ini tanpa adanya gangguan - gangguan yang disebabkan karena kerusakan alam. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia