Nama     : Ajeng Nuranti Syafitri (01)
Kelas     : X MIPA 2
Sekolah : SMA NEGERI 1 GARUT

            Membuat Teks Eksposisi
Topik : Penyebab utama kerusakan alam adalah perilaku manusia
Bencana Banjir
Akhir-akhir ini banyak daerah di Indonesia mengalami bencana banjir. Mulai dari banjir yang tak terlalu parah hingga banjir  bandang yang datang dan terjadi tiba-tiba hingga menimbulkan banyak korban jiwa. Karena banjir dapat merusak apa saja yang dilewatinya, maka tidak sedikit pihak yang dirugikan dengan terjadinya bencana banjir ini.
Biasanya bencana banjir ini disebabkan karena faktor air yang meluap dari saluran air,sungai,bendungan ataupun tanggul. Namun, penyebab tersebut didasarkan oleh 2 faktor yakni faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam, merupakan salah satu penyebab banjir yang berasal dari alam itu sendiri. Contohnya  curah hujan yang sangat tinggi, daya serap tanah yang rendah, dan pendangkalan sungai akibat erosi di hulu sungai. Karena berasal dari alam sendiri, maka peristiwanya tak dapat kita hindari. Beda halnya dengan faktor yang disebabkan oleh faktor manusia. Faktor manusia ini dapat dikatakan sebagai penyebab yang paling utama karena faktor alam yang tak dapat dihindari, oleh manusia dapat diatasi segalanya. Alih-alih mengatasi faktor alam, manusia malah memperparah penyebab bencana banjir seperti melakukan penebangan hutan secara liar  yang menyebabkan pohon-pohon di alam berkurang  sehingga tak ada penampung air hujan lagi, penutupan tanah oleh semen , dan hal kecil yang paling menjadi penyebab banjir yaitu membuang sampah sembarangan , khususnya ke sungai. Membuang sampah sembarangan adalah penyebab banjir yang paling menjadi sorotan banyak orang. Apalagi saat membuangnya begitu saja ke sungai yang saat ini sudah menjadi hal wajar atau menjadi sebuah kebiasaan orang Indonesia, maka sungai pun lama kelamaan akan dipenuhi sampah sehingga tak bisa mengalirkan air hujan dengan baik dan air hujan pun meluap dan terjadilah banjir.
Kejadian bencana banjir yang baru saja terjadi yaitu bencana banjir bandang di Garut tepatnya di sungai Cimanuk. Banyak yang berpendapat bahwa banjir itu disebabkan oleh banyaknya orang yang membuang sampah di sungai sehingga sungai pun mulai memberikan sebuah peringatan. Penyebab banjir ini juga bisa dikatakan karena warga sekitar juga yang entah belum tahu atau tidak menuruti pemerintah untuk tidak bermukim di bantaran sungai. Warga sekitar yang memiliki kebiasaan buruk seperti membuang sampahlah yang menjadi penyebab utama yang tak disadari. Jika umumnya penyebab banjir Garut ini disebabkan karena sampah, dari pihak ulama maupun ustadz berpendapat lain. Mereka berpendapat ulah manusia lainnya yang menyebabkan alam marah yaitu warga sekitar yang masih melakukan hal-hal terlarang seperti perzinahan. Berdasarkan pernyataa-pernyataan tersebut, dapat disimpulkan bahwa rusaknya alam Garut sehingga terjadi banjir disebabkan oleh perilaku manusia. Selain penyebabnya, dampak banjir juga menjadi hal yang perlu di bicarakan. Dari bencana banjir Garut ini, banyak korban jiwa yang ditimbulkan serta pemerintah juga mengalami kerugian materi dalam jumlah yang besar. Selain itu, warga sekitar juga kehilangan tempat tinggalnya sehingga mereka pun harus mengungsi selama beberapa hari di tempat evakuasi.
Terkadang bencana banjir ini tidak terlalu dipermasalahkan banyak orang. Padahal di lihat dari sisi dampaknya banjir ini akan mengalami banyak kerugian dalam segala hal. Misalnya dari hal materi, barang-barang berharga seperti akte kelahiran,sertifikat rumah, dan harta benda bisa saja terbawa air hingga hilang begitu saja. Ada juga dampak terbesarnya yaitu menimbulkan banyak korban jiwa yang biasanya terbawa arus lalu ditemukan setelah beberapa hari.

Berdasarkan kenyataan demikian bencana banjir ini harus kita hindari sebelum terjadi. Banyak cara untuk menghindarinya misalnya memperluas lahan tanah daripada menutupnya dengan semen. Dapat juga dilakukan penanaman banyak pohon (reboisasi) sehingga nantinya daerah resapan air akan bertambah. Dalam tindakaan pencegahan ini juga peran pemerintah sangat diperlukan untuk menjaga agar warga dapat melaksanakannya dengan tertib. Namun, dari banyaknya cara menghindari banjir tersebut, hal yang penting adalah dari diri kita sendiri. Dibutuhkan kesadaran diri bahwa menjaga kelestarian alam sangat diperlukan karena nantinya keuntungannya juga kita sendiri yang merasakan. Oleh karena itu, pemerintah telah mencanangkan pendidikan karakter agar calon generasi muda tak lagi mempunyai kebiasaan buruk lagi dan malah menjadikan alam ini lebih terjaga dan lestari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia