Nama        :Anita Fatimah
Kelas         :X –MIPA 2
Topik        :Sampah yang dibuang ke sungai akan menyumbat aliran air sungai

Banjir Bencana Langganan
Banjir merupakan bencana yang masih menjadi PR bagi pemerintah kota.Selain karena curah hujan yang tinggi yang menyebabkan genangan air,hujan yang deras dan berlangsung lama hingga berjam-jam akan menyebabkan volume air pada sungai naik dan akhirnya terjadilah banjir.
Penyebab banjir bisa datang dari alam maupun manusia.Faktor alam diantaranya meliputi badai dan gempa bumi sedangkan faktor manusia berupa kegiatan membuang sampah  di sungai yang menyumbat aliran air sungai dan penebangan pohon di hutan secara tidak bertanggung  jawab.
Penyebab banjir juga bisa terjadi karena  bendungan atau tanggul jebol.Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keselamatan warga sekitar karena dapat menimbulkan kerugian korban jiwa dan kerugian materi.
Baru-baru ini telah terjadi banjir bandang di Kota Garut.Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir penyebab banjir bandang yang telah menewaskan sebanyak 26 orang.
Ada beberapa faktor yang  menjadi pemicu banjir pada selasa malam itu.Pertama karena faktor curah hujan di Garut yang di atas rata-rata dan dalam waktu singkat ditambah daya tamping sungai yang tak seimbang.Kedua karena di DAS  ( Daerah Aliran Sungai ) Cimanuk tergolong kritis .
Agar tidak terjadi banjir kembali kita sebaiknya melakukan hal-hal ini yaitu,menanami daerah-daerah resapan,memperhatikan daerah aliran sungai (DAS),dan untuk pemerintah harus tegas teradap aturan yang ada dalam UUD 1945 dan untuk masyarakat harus sadar akan peraturan dan senantiasa menjaga kebersihan.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia