MATA KULIYAH FONOLOGI


FONOLOGI
27 02 2013 
1. 1.     Pengertian Fonologi
            Menurut Gorys Keraf, Fonologi adalah bagian dari tata bahasa yang mempelajari bunyi-bunyi bahasa, menurut Harimurti Kridalaksana, Fonologi adalah bidang dalam linguistic yang menyelidiki bunyi bahasa menurut fungsinya, dan menurut Abdul Chaer, Fonologi adalah bidang linguistic yang mempelajari, menganalisis, dan membicarakan reruntuhan bunyi bahasa yang secara etimologi terbentuk dari kata fon yaitu bunyi dan logi yaitu ilmu. 
Jadi, berdasarkan sumber dari beberapa ahli tersebut bias disimpulkan bahwa Fonologi adalah bidang Linguistik atau ilmu bahasa yang menyelidiki, mempelajari dan mengenalisis dan membicarakan reruntuhan bunyi-bunyi bahasa yang dihasilkan oleh alat ucap manusia beserta fungsinya.
Fonologi mempunyai dua cabang pembahasan yaitu Fonetik dan Fonemik. Fonetik adalah cabang studi Fonologi yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak. Sedangkan Fonemik adalah cabang studi Fonologi yang menyelidiki dan mempelajari bahasa atau system fonem suatu bahasa dalam fungsinya sebagai pembeda makna.
1. 2.     Kedudukan Fonologi dalam cabang-cabang Linguistik
Fonologi  yang merupakan ilmu yang lebih berkonsentrasi dalam deskripsi dan analisis bunyi-bunyi ujar menjadikan hasil kerja Fonologi menjadikan nya sangat berguna dan sering dimanfaatkan oleh cabang-cabang linguistik yang lain, baik linguistik teoretis maupun terapan. Misalnya morfologi, sintaksis, semantik, leksikologi, dialektologi, pengajaran bahasa dan psikolinguistik.
Bidang morfologi, yang konsentrasi analissisnya pada tataran struktur internal kata (mulai dari perilaku kata, proses pembentukan kata, sampai dengan mosi yang timbul akibat pembentukan kata sering memanfaatkan hasil studi fonologi. Contoh: mengapa morfem dasar {pukul} diucapkan secara bervariasi antara [pukUl] dan [pUkUl], serta diucapakan [pukulan] setelah mendapatkan proses morfologis dengan penambahan morfem sufiks {-an}, praktis “minta bantuan” hasil studi fonologi.
Bidang sintaksis, yang konsentrasi analisisnya pada tataran kalimat ketika berhadapan dengan kalimat kamu di sini . (kalimat berita), kamu di sin? (kalimat tanya), kamu di sini! (kalimat seru atau perintah) dari ketiganya mempunyai arti yang berbeda tapi ketiganya masing-masing terdiri atas tiga kata yang sama.
Bidang semantik, yang berkonsentasi pada persoalan makna kata pun tidak jarang memanfaatkan hasil telaah fonologi. Contoh : mengapa kata tahu dan teras kalau diucapakan secara bervariasi [tahu], [tau], [teras], dan [taras] akan bermakan lain.

Bidang leksikologi, juga leksokolografi, yang berkonsentrasi pada persoalan perbendaharaan kata suatu bahasa, baik dalam rangka penyusunan kamus maupun tidak, sering memanfaatkan hasil kajian fonologi.

Bidang dialektologi, yang bermaksud memetakan “wilayah” pemakaian dialek atau variasi bahasa tertentu sering memanfaatkan hasil kajian fonologi, terutama variasi-variasi uacapan pemakaian bahasa, baik secara sosial maupun geografis.

Bidang pengajaran bahasa, (khususnya pengajaran bahasa kedua dan pengajaran bahasa asing) yang bertujuan keterampilan berbahasa lisan harus melatihkan cara-cara pengucapan bunyi-bunyi bahasa target kepada pembelajar (the learner).

Psikolingusitik, ketika menganalisis perkembangan penguasaan bunyi-bunyi bahasa pada diri anak juga memanfatkan hasil kajian fonologi.

1. 3.     Manfaat Fonologi dalam penyusunan Ejaan Bacaan
Ejaan adalah peraturan penggambaran atau pelambangan bunyi-bunyi ujar suatu bahasa. Karena bunyi ujar ada dua unsur, yaitu  segmental dan suprasengmental, maka ejaan pun menggambrkan atau melambangkan kedua unsur bunyi ujar tersebut.
Pelambaangan unsur fekmental bunyi ujar tidak hanya bagaimana melambngkan bunyi-bunyi ujar dalam bentuk tulisan ataau huruf, tetapi juga bagaimna menuliskan bunyi-bunyi ujar,dalam bentuk kata, frase, klausa, dan kalimat, bagaimana memenggal suku teknis keilmuan, dan sebagainya.pelambangan tekanan, nada, durasi, jeda, dan intonasi.pelambangan unsur suprasgmental ini di kenal dengan istilah tanda baca atau pungtuasi.
Kita tahu bahwa ejaan beratus-ratus tahun bahkan beribu-ribu tahun setelah bahasa lisan ada.Bahasa lisan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya tanpa ejaan.Ejaan diciptakan untuk melambangkan bunyi bahasa, bukan sebaliknya.Jadi,tidaklah ada alasan kuat bahwa bahasa (bahasa lisan,pen) harus mengikuti dan tunduk pada ejaan (bahasa tulis,pen).
Bahasa manapun selalu berubah, termasuk bahasa Indonesia.Satu sistem ejaan sesuai sesuai dengan bahasa yang dilambangkan pada waktu ejaan itu diciptakaan.Oleh karena itu,ejaanlah yang harus disesuaikan terus-menerus seiring dengan pengembangan atau perubahan bunyi pada bahasa yang dilambangkan bukan sebaliknya.






1. 4.     Fonetik
· Ø Pengertian Fonetik
Fonetik adalah cabang studi Fonologi yang mempelajari bunyi bahasa tanpa memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak.
· Ø Jenis-Jenis Fonetik
Menurut urutan proses terjadinya bunyi bahasa, Abdul Chaer membedakan adanya tiga jenis fonetik, yaitu :
-          Fonetik Artikulatoris
fonetik artikulatoris, disebut juga fonetik organis atau fonetik fisiologis, mempelajari bagaimana mekanisme alat-alat bicara manusia bekerja dalam menghasilkan bunyi bahasa serta bagaimana bunyi-bunyi itu diklasifikasikan
-          Fonetik Akustik
Fonetik akustik mempelajari bunyi bahasa sebagai peristiwa fisis atau fenomena alam. Bunyi-bunyi itu diselidiki frekuensi getarannya, amplitudonya, intensitasnya, dan timbrennya.
-          Fonetik Audiotoris
Fonetik auditoris mempelajari bagaimana mekanisme penerimaan bunyi bahasa itu oleh telinga kita.
Menurut Kridalaksana,  mengemukakan adanya fonetik-fonetik sebagai berikut :
-          Fonetik instrumental
Fonetik instrumental adalah bagian dari fonetik yang merekam, menganalisis, dan mengukuur unsur-unsur bunyi dengan mesin atau alat-alat elektronis seperti spektograf, osiloskop, dan lai-lain.
-          Fonetik parametris 
Fonetik parametris adalah pendekatan dalam fonetik yang memandang wicara sebagai sistem fisiologis tunggal dengan variabel-variabel artikulasi dalam saluran suara yang terus-menerus bergerak dan saling bekerja sama dalam dimensi waktu untuk menghasilkan kontinuum bunyi yang disegmentasikan oleh pendengar menurut kaidah bahasa yang berlaku. Pandangan dinamsis ini berbeda dari pandangan statsis yang menganggap wicara sebagai urutan segmen-segmen yang terurai sebagai kumpulan ciri-ciri yang dapat dipisah-pisahkan (tempat artikulasi, artikulator, dan sebagainya)
-          Fonetik terapan 
Fonetik terapan yaitu bidang linguistik terapan yang mencakup metode dan teknik pengucapan bunyi dengan tepat; misalnya, untuk melatih orang yang gagap, untuk melatih pemain drama, dan sebagainya.
· Ø Alat Ucap
Dalam Fonetik Artikulatoris, hal pertama yang harus dibicarakan adalah alat ucap manusia untuk menghasilkan bunyi bahasa. Kita perlu mengenal nama-nama alat-alat itu untuk bias memahami bagaimana bunyi bahasa itu di produksi; dan nama-nama bunyi itu pun diambil dari nama-nama alat ucap nya.
Nama alat-alat ucap yang terlibat dalam produksi bunyi bahasa adalah sebagai berikut :
1. Paru-paru (lung)
2. Batang tenggorok (trachea)
3. Pangkal tenggorok (larynx)
4. Pita suara (vocal cord)
5. Krikoid (cricoid)
6. Tiroid (thyroid) atau lekum
7. Aritenoid (arythenoid)
8. Dinding rongga kerongkorang (wall of pharynx)
9. Epiglottis (epiglottis)
10. Akar lidah (root of the tongue)
11. Pangkal lidah (back of the tongue, dorsum)
12. Tengah lidah (middle of the tongue, medium)
13. Daun lidah (blade of the tongue, lamium)
14. Ujung lidah (tip of thr tongue, apex)
15. Anak tekak (ovula)
16. Langit-langit lunak (soft palate, velum)
17. Langit-langit keras (hard palate, palatum)
18. Gusi, lengkung kaki gigi (alveolum)
19. Gigi atas (upper teeth, dentum)
20. Gigi bawah (lower teeth, dentum)
21. Bibir atas (upper lip, labium)
22. Bibir bawah (lower lip, labium)
23. Mulut (mouth)
24. Rongga mulut (oral cavity)
25. Rongga hidung (nasal cavity)
· Ø Klasifikasi Bunyi
Pada umumnya, bunyi bahasa pertama-tama dibedakan atas bunyi vocal dan konsonan, bunyi vocal dihasilkan dengan pita suara terbuka sedikit, pita suara terbuka sedikit ini menjadi bergetar ketika dilalui arus udara yang dipompakan dari paru-paru. Selanjutnya arus udara keluar rongga mulut tanpa mendapat hambatan apa-apa, kecuali bentuk rongga mulut yang berbentuk tertentu sesuai dengan jenis vocal yang dihasilkan. Bunyi konsonan terjadi setelah arus udara melewati pita suara yang terbuka sedikit atau agak lebar, diteruskan ke rongga mulut atau rongga hidung dengan mendapat hambatan di tempat artikulasi tertentu. Jadi, beda teradinya bunyi vocal dan konsonan adalah: arus udara dalam pembentukan bunyi vocal, setelah melewati pita suara tidak mendapatkan hambatan apa-apa, sedangkan dalam pembentukan bunti konsonan, arus udara itu masih mendapat hambatanatau gangguan.
· Ø Diftong atau Vokal Rangkap
Disebut Diftong karena posisi lidah ketika memproduksi bunyi ini pada bagian awal dan akhir nya tidak sama. Letidaksamaan itu menyangkut tinggi rendahnya lidah, bagian lidah yang bergerak serta struktur nya. Namun, yang dihasilkan bukan dua bunyi suara, melainkan hanya sebuah bunyi karena berada dalam satu silabel, contoh diftong dalam Bahasa Indonesia adalah [au] seperti kerbau dan harimau.
diftong sering dibedakan berdasarkan letak atau posisi unsure-unsurnya, sehingga dibedakan adanya diftong naik dan diftong turun. Diftong naik karena bunyi pertama posisinya lebih rendah dari posisi bunyi kedua, sebaliknya diftong turun karena posisi bunyi pertama lebih tinggi dari posisi bunyi kedua.
· Intonasi
Bila kita memperhatikan dengan cermat tutur bicara seseorang, maka arus ujaran (bentuk bahasa) yang sampai ke telinga kita terdengar seperti berombak-ombak. Hal ini terjadi karena bagian-bagian dari arus ujaran itu tidak sama nyaring diucapkan. Ada bagian yang diucapkan lebih keras dan ada bagian yang diucapkan lebih lembut; ada bagian yang diucapkan lebih tinggi dan ada bagian yang lebih rendah; ada bagian yang diucapkan lambat-lambat dan ada bagian yang diucapkan dengan cepat. Di samping itu disana-sini, arus ujaran itu masih dapat diputuskan untuk suatu waktu yang singkat atau secara relatif lebih lama, dengan suara yang meninggi (naik), merata, atau merendah (turun). Keseluruhan dari gejala-gejala ini yang terdapat dalam suatu tutur disebut intonasi.
Berarti intonasi itu bukan merupakan suatu gejala tunggal, tetapi merupakan perpaduan dari bermacam-macam gejala yaitu tekanan (stress), nada(pitch), durasi (panjang-pendek), perhentian, dan suara yang meninggi, mendatar, atau merendah pada akhir arus ujaran tadi. Intonasi dengan semua unsur pembentuknya itu disebut unsur suprasegmental bahasa. Landasan intonasi adalah rangkaian nada yang diwarnai oleh tekanan, durasi, perhentian dan suara yang menaik, merata, merendah pada akhir arus ujaran itu.
Batasan: Intonasi adalah kerja sama antara nada, tekanan, durasi, dan perhentian-perhentian yang menyertai suatu tutur, dari awal hingga ke perhentian terakhir. 
Karena unsur yang terpenting dari intonasi adalah tekanan, nada, durasi, dan perhentian, maka di bawah ini akan diberikan uraian singkat mengenai keempat komponen itu.
1. Tekanan (Stress)
Yang dimaksud dengan tekanan (stress) adalah suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh keras-lembutnya arus ujaran . Arus ujaran yang lebih keras atau lebih lembut ditentukan oleh amplitudo getaran, yang dihasilkan oleh tenaga yang lebih kuat atau lebih lemah. Bila kita mengucapkan sepatah kata secara nyaring, misalnya kata / perumahan/, akan terdengar bahwa dalam arus ujaran itu ada bagian yang lebih keras diucapkan dari bagian yang lain.
2. Nada
Yang dimaksud dengan nada adalah suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh tinggi-rendahnya arus-ujaran.
Tinggi rendahnya arus-ujaran terjadi karena frekuensi getaran yang berbeda antar segmen. Bila seseorang berada dalam kesedihan ia akan berbicara dengan nada yang rendah. Sebaliknya bila berada dalam keadaan gembira atau marah, nada tinggilah yang biasanya dipergunakan orang. Suatu perintah atau pertanyaan selalu disertai nada yang khas. Nada dalam ilmu bahasa biasanya dilambangkan dengan angka misalnya /2 3 2/ yang berarti segmen pertama lebih rendah bila dibandingkan dengan segmen kedua, sedangkan segmen ketiga lebih rendah dari segmen kedua. Dengan nada yang berbeda, bidang arti yang dimasukinya pun akan berbeda.
3. Durasi
Yang dimaksud dengan durasi adalah suatu jenis unsur suprasegmental yang ditandai oleh panjang pendeknya waktu yang diperlukan untuk mengucapkan sebuah segmen.
Dalam tutur, segmen-segmen dalam kata / tinggi / yaitu / ting / dan / gi / masing-masingnya dapat diucapkan dalam waktu yang sama, tetapi dapat terjadi bahwa seorang pembicara dapat mengucapkan segmen / ting / lebih lama dari segmen / gi / atau sebaliknya.
4. Kesenyapan
Kesenyapan merupakan suatu proses yang terjadi selama berlangsungnya suatu tutur atau suatu arus-ujaran, yang memutuskan arus-ujaran yang tengah berlangsung. Oleh karena itu kesenyapan selalu berada dalam bidang tutur, minimal dalam bidang kalimat.
Ada kesenyapan yang bersifat sementara atau berlangsung sesaat saja, yang menunjukkan bahwa tutur itu masih akan dilanjutkan. Ada pula perhentian yang sifatnya lebih lama, yang biasanya diikuti oleh suara yang menurun yang menyatakan bahwa tutur atau bagian dari tutur itu telah mencapai kebulatan.



1. 5.     Fonemik
· Pengertian Fonem
Objek penelitian fonetik adalah fon, yaitu bunyi bahasa pada umumnya tanpa memperhatikan apakah bunyi tersebut mempunyai fungsi sebagai pembeda makna kata atau tidak. Sebaliknya, objek penelitian fonemik adalah fonem, yakni bunyi bahasa yang dapat atau berfungsi membedakan makna kata.
dalam fonemik kita meneliti apakah perbedan bunyi itu mempunyai fungsi sebagai pembeda makna atau tidak.  
Jika bunyi itu membedakan makna, maka bunyi tersebut kita sebut fonem, dan jika tidak membedakan makna adalah bukan fonem.
Fonem adalah bunyi terkecil yang dapat membedakan arti, sedangkan huruf adalah lambang bunyi atau lambang fonem. Fonem tidak sama dengan huruf. Fonem adalah bunyi dari huruf, dan huruf adalah lambang dari bunyi. Jumlah huruf  ada 26, jumlah fonem lebih dari 26. 
Ada fonem yang dilambangkan oleh dua huruf seperti /kh/, /ng/, dan /sy/. Ada beberapa huruf yang dilambangkan oleh satu fonem seperti /e/ pada kata /sate/, /pedas/, dan /enak/.
· Klasifikasi Fonem
Fonem dapat diklasifikasikan atau digolongkan pada :
·  Fonem Segmental
   Fonem segmental ialah fonem yang dapat dianalisis, karena merupakan bagian dari unsur segmental bahasa. Jenis fonem ini disebut juga fonem primer, misalnya /a/, /b/, /c/, /d/, dan sebagainya. Fonem segmental ini dibagi atas vokal, diftong, dan konsonan.
· Fonem Suprasegmental 
Fonem suprasegmental yaitu fonem yang kehadirannya menyertai fonem segmental. Jenis fonem ini disebut juga fonem sekunder, misalnya tekanan, nada, intonasi, dan sebagainya.
1)Tekanan adalah kuat lemahnya suara ketika suatu bunyi  bahasa diucapkan (difonasikan).
2) Nada adalah tinggi rendahnya atau naik turunnya suatu arus ujaran atau bunyi bahasa. Dalam bahasa Cina dan Muangthai nada ini sangat menentukan makna leksis.
3) Durasi adalah panjang pendeknya waktu yang diperlukan untuk mengucapkan sebuah bunyi, misalnya /lembab/ diucapkan dengan /lem/ lebih panjang daripada /bab/.
4) Jeda adalah perhentian di antara arus ujaran, baik di antara fonem dan fonem maupun di antara kata dan kata.

· Ø Alofon 
Alofon adalah varian fonem berdasarkan posisi. Misalnya, fonem /i/ pada kata ingkar, cita, dan tari, masing-masing /i/ tersebut merpakan alofon dari /i/; fonem /o/ mempunyai alofon seperti pada kata tokoh dan toko, dan sebagainya.
· Perubahan Fonem
Dalam pelaksanaan bunyi-bunyi ujaran,  terjadlah pengaruh timbal balik antara bunyi-bunyi ujaran yang berdekatan. Karena adanya pengaruih timbal balik itu terjadilah perubahan-perubahan bunyi ujaran; ada perubahan yang jelas kedengaran, ada yang kurang jelas kedengaran.
Perubahan yang tidak jelas misalnya: fonem /a/ yang berada dalam suku kata terbuka kedengarannya lebih nyaring, bila dibandingkan dengan fonem /a/ yang terdapat dalam suku kata tertutup; bandingkan antara: pada, kata, rata, dengan bedak, tidak, sempat, dan lain-lain.
Perubahan-perubahan yang jelas kedengaran dan yang terpenting, yang biasa terdapat dalam bahasa adalah :
· Asimilasi
Asimilasi dalam pengertian biasa berarti penyamaan. Dalam ilmu bahasa asimilasi berarti proses dua bunyi yang tidak sama disamakan atau dijadikan hampir bersamaan. Asimilasi dapat dibagi berdasarkan beberapa segi, yaitu berdasarkan tempat dari fonem yang diasimilasikan, dan berdasarkan sifat asimilasi itu sendiri.
Berdasarkan tempat dari fonem yang diasimilasikan, asimilasi dapat dibadi atas:
– Asimilasi progresif: bila bunyi yang diasimilasikan terletak sesudah bunyi yang mengasimilasikan. Contoh dalam bahasa Indonesia sejauh ini belum dapat ditemukan. Tetapi untuk memperjelas proses ini dapat diambil suatu contoh asing:
Latin Kuno: colnis > Latin: collies.
Dalam contoh di atas fonem /n/ diasimilasikan dengan fonem /i/ yang mendahuluinya\
Asimilasi regresif: bila bunyi yang diasimilaskan mendahului bunyi yang mengasimilasikan, misalnya:
al salam (Arab)           – assalam         > asalam
in + perfect                 – imperfect      > imperfek
ad + similatio              – assimilasi      > asimilasi
in + moral                   – immoral        > imoral
berdasarkan sifat asimilasi itu sendiri, asmilasi dapat dibedakan atas :
1) Asimilasi total: bila dua fonem yang disamakan itu dijadikan serupa betul:
ad + similatio              – assimilasi      > asimilasi
in + moral                   – immoral        > imoral
al + salam                   – assalam         > asalam
2) Asimilasi parsial: bila kedua fonem yang disamakan itu, hanya disamakan sebagian saja, misalnya:
in + perfect                 – imperfect      > imperfek
in + post                      – import           > impor, dan lain-lain
· Disimilasi
Kebalikan dari asimilasi adalah disimilasi, yaitu proses dimana dua bunyi yang sama dijadikan tidak sama. Contoh:
              saj- jana Skt                           – sarjana
              kolonel                                   – kornel
              prakrti Skt.                             – pekerti
              lauk-lauk                                – lauk-pauk
              sayur-sayur                            – sayur-mayur
              citta  Skt.                                – cipta
· Metatesis
Yang dimaksud dengan metatesis yaitu mengubah urutan fonem yang berada dalam satu kata dalam bentuk lain dari fonem yang sama.
Contoh dari Metatesis :
              apus               – usap
              jalur               – lajur

· Epentesis
Epintesis adalah penyisipan sebuah fonem tertentu yang biasa nya homorgan dalam lingkungannya.
homorgan itu ialah sama basis artikulasi nya.
contoh epentesis :
              kampak          [m]      kapak
              jumblah         [b]        jumlah
· Akrifonem
Akrifonem adalah hilang nya kekontrasan dua fonem yang berbedapada posisi yang sama.
contoh : [b] dan [p] pada kata jawab dan jawap. Kedua kata jika ditambahkan akhiran {-an} maka bentuknya menjadi jawaban. Jadi disini akrifonem /B/ yang bisa direalisasikan menjadi [b] dan [p].

· Suara Bakti
Dalam mengucapkan kata-kata seperti: gurauan, kepulauan, pakaian, putra, putri, bahtra, dan lain-lain, kedengaran bahwa dalam hubungan fonem-fonem itu timbul lagi bunyi w atau y, an/tara u-a, dan antara i-a. sedangkan pada kata-kata putraputri, dan bahtra diselipkan bunyi e (pepet) antara t-r bunyi ini sama sekali tidak mempunyai fungsi untuk membedakan arti; gunanya hanya sebagai pelancar ucapan saja.
Bunyi-bunyi semacam itu disebut suara bakti.
Jadi, suara bakti adalah bunyi yang timbul antara dua fonem, dan mempunyai fungsi untuk melancarkan ucapan suatu kata.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia