karangan narasi perjalanan

PERJALAN KE PUSAT BAHASA DAN ANCOL
Rasanya kami sudah tidak sabar lagi untuk pergi ke pusat bahasa jakarta. Rasa penasaranpun timbul didalam benak kami membayangan kemewahan gedung pusat bahasa dan ingin mengetahui suasana kota di jakarta. Oleh karena itu, niat kami pergi ke pusat bahasapun sudah tidak sabar lagi dan ingin segera berangkat.
Seminggu kemudian ketua prodi mengumumkan bahwa pemberangkatan akan dilaksanakan pada tanggal 04 November 2015. Dengan mendengar kabar dari ketua prodi tersebut kami baru sadar bahwa tabungan untuk ke jakarta itu belum maksimal, akhirnya kami dalam seminggu semangat untuk menabung karna ingin sekali ikut kunjungan ke pusat bahasa. Dalam waktu seminggu kami dapat membayar administrasi dan sedikit uang jajan untuk diperjalanan.
Seminggu sudah berlalu dan kami akan berangkat besok malam di pagi hari lebih tepatnya pada pukul : 02.00 WIB. Kami semua sepakat akan berangkat dari Jl. Patriot yaitu depan gedung DPRD Kabupaten Garut dekat pertigaan Jl. Pahlawan arah ke kampus kami yaitu STKIP Garut. Untuk mengantisipasi pemberangkatan agar tidak ketinggalan bus Ibu Lina selaku ketua prodi kami menyarankan “yang rumahnya jauh dari kampus pukul 10.00 WIB. itu harus sudah berada dilingkungan kampus agar betul-betul tidak ketinggalan bus”, menyikapi pesan dari ketua prodi maka kami mempersiapkannya;  ada yang tidur di kampus, kosan teman dekat kampus, dan ada juga yang tidurnya tetap dirumahnya masing-masing. Selain itu, kami juga mempersiapkan segala keperluan yang kiranya akan diperlukan dan juga mempersiapkan berbagai macam cemilan untuk diperjalanan.
Sebelum pukul : 02.00 WIB. kami bangun dari tidur dan segera siap-siap untuk berangkat menuju bus. Kami semua berangkat menuju bus dan busnya juga sudah siap, terlihat didalam bus sudah ada salah satu teman kami yang lebih dahulu masuk bus. Bus yang kami tumpangi dengan sedikit demi sedikit sudah terlihat penuh, tetapi masih ada teman kami yang belum datang. Kami juga tidak diam terus mencoba menghubungi dia dan pada akhirnya dia datang walaupun sedikit telat. Ketua kelas mulai mengecek kehadiran dan semuanya sudah ada dan sudah siap, terlihat kebahagiaan raut wajah teman-teman kami sepertinya sudah ingin cepat-cepat berangkat dan tidak ketinggalan salah satu dari teman kami mengabadikan momen tersebut dengan memoto kami semua.  Sebelum berangkat kami semua berdoa agar diberikan kelancaran dan keselamatan di perjalanan dengan di pandu oleh salah satu dari teman kami.
Dua bus pariwisata arjuna samba yang ditumpangi kami mulai berangkat dengan beriringan. Pemberangkatan kami dari garut sedikit telat  tadinya mau pukul : 02.00 WIB. menjadi pukul 02.30 WIB., walaupun begitu tidak membuat kami patah semangat melainkan kami tetap semangat dan ingin berkunjung ke pusat bahasa.
Perjalanan sudah mulai kami tempuh. Karena kondisi tubuh kami sedikit kecapean dan tidak tahan dengan dinginya AC mobil kami memutuskan untuk mematikan AC dan tidak terasa dengan lajunya bus yang kami tumpangi tersebut sebagian dari teman kami terlihat ada yang tidur, ada yang smsan, ada yang terus memperhatikan alur jalan, ada yang mendengarkan musik, dan lain sebagainya, kami juga sangat menikmati perjalanan tersebut.
Kami tiba di rest area tol cipularang km 76 sekitar pukul 04.30 WIB. disitu kami semua istirahat dan melaksanakan  sholat shubuh. Setelah berhentinya kedua bus tersebut kami segera menuju ke mesjid untuk melaksanakan sholat shubuh dan sekaligus persiapan kerapihan dalam berpakaian begitu juga dalam penampilan. Setelah semuanya  sholat shubuh dan sudah persiapan, kami berkumpul di dekat bus sambil menikmati suasana pagi yang cerah dan udara yang segar. Menjelang pagi kami sudah terlihat sangat segar dan siap untuk melanjutkan perjalanan, tetapi sebelum melanjutkan perjalanan kami sangat menikmati suasana tersebut sambil menikmati snack yang diberikan panitia dan makanan yang kami bawa sambil foto-foto bersama.
Perjalanan kami terus dilanjutkan. Kami berangkat dari rest area cipularang km 76 sekitar pukul 06.30 WIB.  yang tadinya akan menuju pusat bahasa yang berada di jakarta lebih tepatnya di Rawa Mangun tetapi pusat bahasa tersebut sedang di perbaiki dan sedang ada pembangunan akhirnya, tujuan kami dialihkan yaitu menuju pusat bahasa yang di bogor lebih tepatnya di sentul. Kami sangat menikmati perjalan tersebut, diperjalanan kami sangat terhibur oleh  beberapa teman kami yang menyumbangkan beberpa lagu karaokenya di dalam bus tersebut.  Dengan terus melajunya bus yang kami tumpangi sudah mulai terlihat gedung-gedung, pabrik-pabrik, dan perumahan yang padat menandakan kami sudah mulai memasuki daerah perkotaan, kamipun menikmati pemandangan-pemandangan yang indah sejauh mana mata kami memandang. Alahkah luasnya alam semesta ini dan alangkah besarnya ciptaan Allah SWT.
Kami sudah mulai memasuki daerah bogor dan masuk menyusuri jalan yang sedikit sempit. Untuk menuju badan bahasa sentul itu kami melewati  jalan yang cukup nanjak. Kami tiba di pusat bahasa tersebut dengan disambut oleh satpam atau penjaga di tempat itu, karena bus pertama salah masuk maka kami putar balik kembali menuju parkiran yang disarankan oleh penjaga tersebut.
Seketika sampai di pusat bahasa kami melihat banyak tentara yang sedang mengadakan perkemahan dan latihan karena kebetulan pusat bahasa yang di sentul itu berdampingan dengan universitas pertahanan. pusat bahasa tersebut terletak di daerah yang cukup tinggi kamipun bisa melihat indahnya daerah bogor dari tempat itu. Kemudian kami mulai memasuki gedung pertama dengan disambut oleh berbagai benner dan pengesahan pusat bahasa tersebut yang di sahkan oleh presiden susilo bambang yudoyono, kami dapat melihat miniatur bangunan tersebut dan kami juga bisa foto-foto sekaligus foto bersama. Setelah itu, kami diarahkan untuk memasuki aula untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang pusat bahasa.
Ketika kami semua sudah masuk ke aula, kami sedikit lama juga menunggu penyuluh dari pihak pusat bahasa yang telat datangnya tetapi, sambil menunggu kami di kasih snak dan ketika menunggu kami juga sambil menikmati snak tersebut. Setelah lama menunggu penyuluhpun datang, penyuluh tersebut adalah ibu Ebah Suhaebah dan ibu Lusi merekapun menjelaskan mengenai pusat bahasa. Ketika penjelasan dari mereka sudah selesai dan di buka sesi pertanyaan kamipun sangat antusias untuk bertanya dan salah satu dari teman kami mewakili kami untuk bertanya. Selesai acara tersebut pihak pusat bahasa memberikan beberapa buku untuk kami dan pihak kamipun memberikan oleh-oleh dari garut dan terjadilah serah terima. Setelah itu, kami tidak ketinggalan foto bersama terlebihdahulu. Kami dari acara tersebut mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang sangat luar biasa mengenai pusat bahasa.
Setelah selesai acara tersebut sekitar pukul : 12.30 WIB., kami semua langsung menuju ke bus untuk melanjutkan perjalanan kembali yaitu menuju ancol. Sebelum berangkat kami semua dikasih makan terlebih dahulu, ketika mobil melaju kami sambil menikmati makanan tersebut. Perjalananpun kami lanjutkan dan kami sudah tidak sabar rasanya ingin cepat sampai ke ancol.
Kita semua berangkat dari bogor menjuju ke jakarta lebih tepatnya menuju ke dunia fantasi ancol. Sesampainya bus yang kami tumpangi berhenti di parkiran dunia fantasi ancol, kami bergegas turun dari bus tersebut. melihat pemandangan yang terhampar luas ditambah dengan hamparan laut yang terlihat dari kejauhan menambah indahnya tempat tersebut. kamipun bergegas ke tempat wahana-wahana yang berada di dunia fantasi, disitu banyak sekali tempat-tempat wahana yang bermacam-macam jenisnya. Dengan cuaca yang sangat panas dan orang yang sangat banyak, kami harus antri ketika ingin mencoba salah satu wahana tersebut. sebelum kami mencoba berbagai macam wahana, tidak lupa kamipun berjalan-jalan keliling area dunia fantasi sambil foto-foto bersama teman-teman. Karena kami itu berbeda-beda keinginan akhirnya kami berpecar di tempat itu, kebetulan saya ditemani oleh salah satu teman dekat sebut saja namanya enjang budiana, disitu kami berdua mencoba empat wahana dan setelah mencoba ke empat wahana tersebut kami sangat puas dan sangat menikmati, karena menegangkan, seru, menantang, menguji kesabaran dan sebagainya.
Setelah selesai menikmati berbagai wahan disana, tidak terasa waktupun sudah menunjukan pukul 17.00 WIB. menunjukan kami harus segera berkumpul kembali ke bus. Saat kami mau kembali ke bus kami bertemu dengan ketua prodi yaitu ibu lina dan beberapa teman dari rombongan kami disitu tidak terlewatkan kami foto bersama dulu dangan ibu lina dan salah satu teman kami.
Kamipun bergegas menuju bus, dan terlihat dari kejauhan teman-teman kami sudah berkumpul di area dekat bus tersebut. kami semua bersiap-siap untuk melanjutkan perjalanan yaitu pulang tetapi tidak terlewatkan kami menunaikan kewajiban sebagai umat islam yaitu melaksanakan shalat magrib terlebih dahulu. Setelah semuanya sudah masuk bus dan siap untuk pulang tidak terlewatkan ketua kelas kami mengcek kehadiran takut-takut ada yang ketinggalan dan semunya sudah ada. Pada waktu itu, dari ancol sudah menunjukan waktu pukul 18.30 WIB.
Ketika diperjalanan menuju pulang dengan keramaian jalan kota jakarta, kami melihat indahnya lampu-lampu penduduk kota tersebut yang terhampar luas sejauh mata memandang bagaikan ribuan gemerlap bintang di langit. Sesampainya di pusat perbelanjaan oleh-oleh purwakarta sekitar pukul 20.30 WIB.  kami bergegas turun dari bus sebagian dari kami membeli berbagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dan ada juga yang menunaikan sholat isya. Setelah istirahat sekaligus menikmati suasana di tempat tersebut tidak terasa waktu sudah menunjukan pukul 21.00 WIB. kamipun segera melanjutkan perjalanan pulang dan akhirnya kita semua sampai ke tempat awal berangkat yaitu depan gedung DPRD Kabupaten Garut pada sekitar pukul 01.00 WIB dengan selamat dan segera pulang kerumah masing-masing.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Air Sungai Bermanfaat Bagi Pengairan Sawah dan Ladang

deskripsi kampung adat dukuh

Penyebab Utama Kerusakan Alam Adalah Perilaku Manusia